Dua Aspek Ini Picu Harga Emas Naik

investigasi.co.id – Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir naik pada Kamis (Jumat pagi WIB). Kondisi ini didorong dua aspek yakni, pelemahan dolar AS dan ketidakpastian politik.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Maret naik 8,5 dolar AS atau 0,69 persen, menjadi menetap di 1.241,60 dolar AS per ounce.

Emas mendapat dukungan luas karena indeks dolar AS turun 0,59 persen menjadi 100,49 pada pukul 18.15 GMT. Indeks adalah ukuran dari dolar terhadap sekeranjang mata uang utama.

Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dolar turun maka emas berjangka akan naik, karena emas yang diukur dengan dolar menjadi lebih murah bagi para investor.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 29 poin atau 0,14 persen pada pukul 18.20 GMT. Analis mencatat bahwa ketika ekuitas membukukan kerugian maka logam mulia biasanya naik, karena investor mencari tempat yang aman. Sebaliknya, ketika ekuitas AS membukukan keuntungan maka logam mulia biasanya turun. Sumber : (suara.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel ini telah dilihat : 39 kali.