SMKN 4 Tanjungpinang Selenggarakan USBNBK dan Ujian Akhir Sekolah Berbasis Komputer

Investigasi-co.id – SMKN 4 Tanjungpinang menyelenggarakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBNBK) dan Ujian Akhir Berbasis Komputer (USBK) di sekolah mereka di jalan Nusantara Batu 14 Tanjungpinang, Senin (20/03/2017).

Diikuti sebanyak 130 siswa, ujian tersebut dilaksanakan dalam 9 hari. Setiap hari dilaksanakan 4 sesi untuk 2 mata pelajaran untuk kelas XII.

“Jadi dari tanggal 20 s/d 23 kita melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBNBK) kemudian tanggal 24 s/d 30 dilaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Komputer,” terang Sulasmi kepala sekolah SMKN 4 Tanjungpinang.

Ia menjelaskan, hal itu dilakukan karena memang perangkat yang tersedia belum bisa menunjang seluruh jumlah siswa yang ada. Ia  menjelaskan saat ini total sekolahnya memiliki 4 labor komputer sebanyak 120 personal komputer. Oleh karena itu ujian juga dibagi kedalam 4 sesi yakni pagi dan siang.

Kepala Sekolah, Sulasmi menambahkan ujian akhir semester berbasis komputer baru dilakukan pertama kali di tahun ajaran 2016/2017 ini. Rencanya Ujian Sekolah Berbasis Komputer ini juga akan kita lakukan untuk ujian akhir semester untuk kelas X dan XI nantinya. Ia menjelaskan latar belakang dilakukannya ujian berbasis komputer ini untuk memudahkan guru dan murid.

“Tugas utama guru adalah mengajar, namun biasanya masih disibukan dengan hal-hal administratif seperti mengoreksi, lembur membuat rapor, itu yang ingin kami minimalisasi dengan sistem yang ada ini,” terangnya. Dengan UAS berbasis komputer ini nilai bisa langsung keluar setelah siswa selesai mengerjakan soal. (ed)

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel ini telah dilihat : 66 kali.