Soal Tidak Lengkap, Siswa SMK di Kepri Harus Ikut Ujian Susulan

investigasi.co.id – Siswa kelas 12 Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK banyak mendapatkan soal yang tidak lengkap saat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari terakhir, Kamis (6/3/2017).

Untuk itu, mereka akan mengikuti ujian susulan yang jadwalnya pada 18-19 April 2017. Kendala itu diketahui saat sesi pertama pukul 07.30 WIB. Di SMKN 4 Tanjungpinang pertama kali diketahui saat sesi pertama di ruang 3.

Di ruang itu, ada 22 siswa. 9 siswa jurusan RPL dan 13 siswa jurusan TKJ. Namun siswa TKJ tidak ada kendala. Yang mendapat masalah adalah siswa RPL.

“Awalnya kita mengira itu dari server kita. Tapi ruangan lain kok tidak ada masalah,” kata Edy, Protor ruangan 3 SMKN4 Tanjungpinang, Kamis (6/3/2017).

Ada tiga ruang yang dipakai untuk UNBK. Dua ruang dipakai siswa TKJ dan Multimedia tidak ada masalah. Soalnya hanya muncul 10 soal saja yang seharusnya 40 soal. Akhirnya tim teknis sekolah mereset server dan log in. Tapi ternyata sama.

“Setelah itu muncul permasalahan itu di grup WA mengenai kendala di mapel RPL,” tutur Edy.

Ternyata itu merupakan masalah nasional. Karena itu, siswa hanya mengerjakan soal yang muncul. Namun mereka tetap di ruangan hingga ujian selesai.

Karena di sesi pertama sudah ada masalah itu, sekolah akhirnya memberitahukan ke siswa yang akan ujian di sesi dua. Tujuannya agar tidak kaget jika ada kejadian seperti itu. Dan benar, di sesi kedua, siswa RPL juga mengalami hal yang sama.

Di sesi dua, dari tiga ruang, yang bermasalah ada satu ruang. Sedang dua ruang normal atau soalnya lengkap. Dengan kejadian ini, sekolah memberi pandangan positif pada siswa. Yaitu setidaknya sudah tahu soal ujian apa yang keluar di RPL untuk ujian susulan.

“Ya saya membesarkan hati anak-anak meski pastinya berdampak pada psikologi mereka. Yang harusnya sudah selesai ujian, masih harus memikirkan ujian susulan lagi,” papar Sulasmi, S.Pd, kepala sekolah SMKN 4 Tanjungpinang.

Apalagi sekolah sudah berencana melaksanakan perpisahan setelah UNBK pada tanggal 18 April 2017. Karena sudah terjadwal lama, maka usai liburan, siswa RPL akan mengikuti ujian susulan pada tanggal 18-19 April di sesi dua. Menurut dia, saat simulasi UNBK tiga kali, tidak pernah ada kendala.

Sebab yang disimulasikan hanya dua mapel yaitu Matematika dan Bahasa Inggris. Dari pengalaman tahun lalu, kendala justru muncul saat mapel Teori Kejuruan.

Sehingga sarannya agar pada simulasi UNBK tahun mendatang, mapel Teori Kejuruan yang ada sejak tiga tahun lalu juga disimulasikan. Ini mengantisipasi kejadian seperti ini lagi. (Yus)

Iklan

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *