Walikota Lis Darmansyah Buka Rakor Anjab dan ABK

investigasi.co.id РPemerintah Kota Tanjungpinang melalui Bagian Organisasi Tatalaksana (Ortal) Setdako Tanjungpinang mengadakan Rapat Koordinasi Penyusunan Analisa Jabatan dan Analisa Beban Kerja di Lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Acara ini resmi dibuka oleh Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, di Ballroom Hotel Comfort Tanjungpinang, Senin (15/5).Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH mengatakan Anjab dan Analisis Beban Kerja (ABK) terkait dari dua hal, pertama mengenai person nya dan kedua organisasinya. Kedua objek ini sangat penting dalam pendataan dan record pegawai di lingkup pemko Tanjungpinang.

Dengan adanya sistem data base pegawai yang baik, maka pemetaan dari seluruh aparatur dalam struktur organisasi birokrasi dapat kita ketahui secara lengkap, sehingga kita tahu mana pegawai yang bekerja dengan baik atau tidak,” katanya

Ia menjelaskan, Anjab ini sudah kita lakukan sejak 2013 lalu, namun sistemnya belum berjalan secara optimal, sehingga kita tak punya record mengenai pegawai, jika sudah baik maka tak mungkin terjadi ASN 2 tahun tak masuk kerja, tetapi tidak mendapatkan masalah, dan ini sangat tidak adil bagi pegawai yang rajin, dan ini tidak boleh kita biarkan, kalau ¬†dibiarkan akan memberi dampak yang tidak baik bagi aparatur lainnya ” tegas Lis.

” Yang selalu menjadi perhatian kita dari setiap mutasi jabatan adalah aparatur yang memiliki kinerja baik, tentu akan kita promosikan “, tamnbahnya

Untuk itulah, Ajab dan ABK harus dilakukan secara teliti sehingga akan menghasilkan informasi jabatan yang akurat, kemudian dijadikan bahan baku untuk proses pengelolaan SDM, seperti perekrutan jumlah kebutuhan pegawai sesuai tugasnya, evaluasi jabatan maupun tanggunjawab tiap jabatan dan penyempurnaan fungsi setiap jabatan.

Dengan demikian kebutuhan pegawai disetiap organisasi perangkat daerah akan jelas jumlahnya dan fungsinya nanti, sampaikan desainnya kebutuhan pegawai apa saja, sehingga mampu menjawab kebutuhan kita dan formasi yang kita butuhkan, apalagi jabatan tertentu punya verifikasi khusus, sehingga the right man on the right place,” ujarnya

Kepala Bagian Organisasi Tata Laksana Setdako Tanjungpinang, Drs. Irsal menjelaskan tujuan dilaksanakan rapat koordinasi penyususnan anjab dan ABK ini untuk menunjukkan ASN berdaya guna dan berhasil guna berdasarkan struktur baru pada OPD di lingkup pemko Tanjungpinang dengan mengacu pada penusunan analisis jabatan dan beban kerja.

Selain itu, setiap jabatan harus di isi oleh tenaga yang memiliki keahlian dan pengetahuan yang tinggi, wawasan yang luas serta perhatian yang besar dalam jabatan yang dipangkunya”, terangnya

Peserta dalam kegiatan ini merupakan utusan dari masing-masing OPD, Rumah Sakit, dan Puskesmas, sedangkan narasumber kita datangkan dari Badan Kepegawaian Negara. Acara ini akan berlangsung selama dua hari (15 s.d 16/5) di Hotel Comfort,” tutupnya.

Sumber : Humas Pemko Tanjungpinang

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel ini telah dilihat : 22 kali.