Jadikan Al Quran Sebagai Pedoman Hidup

investigasi.co.id – Al Quran adalah wahyu yang diturunkan Allah SWT kepada RasulNya sebagai pemberian yang agung. Al Quran mengandung kebenaran mutlak dan berfungsi sebagai pedoman hidup bagi umat muslim sepanjang masa, bukan hanya mengatur hubungan manusia dengan Allah SWT (hablumminAllah) tetapi juga hubungan sesama manusia (hablum minannas) dalam bingkai Ukhuwah Islamiyah.

Demikian peranan Al Quran ini disampaikan oleh Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH pada peringatan Nuzulul Quran di Masjid Al Azhar Jalan Pantai Impian Tanjungpinang, Senin (12/6) malam.

Lebih lanjut dikatakan Walikota Lis Darmansyah, Al Quran menjelaskan sebagai aturan dan ajaran yang mencakup segala dimensi dan kehidupan manusia agar di jadikan petunjuk sebagai aturan hukum dan pedoman hidup.

” Dengan pemahaman yang utuh dn benar terhadap Ayat-ayat suci Al Quran, kita akan terhindar dari pengaruh berbagai paham yang keliru. Al Quran mengajarkan kepada kita bagaimana seharusnya manusia saling menghargai antar sesama umat, walaupun berbeda suku, ras, budaya, agama maupun keyakinan “, ucap Walikota

Memahami arti dan makna Ayat-Ayat Suci Al Quran secara benar dapat menciptakan masyarakat yang lebih beradab, toleransi dan bersatu dalam keragaman menuju masyarakat yang religius, demokratis, damai dan sejahtera sebagaimana yang sudah menjadi bagian dari indentitas masyarakat Melayu, ” tambah Kepala Daerah inovatif ini.

Walikota Lis berharap momentum peringatan Nuzul Quran 1438 H dapat meningkatkan keimanan kita, semakin dekat dengan Sang Khaliq, ” Mari wujudkan masyarakat muslim di kota ini yang ummatan wahidah, yang selalu menjunjung persatuan umat, masyarakat yang berilmu dan berwawasan luas, berakhlak mulia serta toleransi. Semoga di bulan suci ramadhan ini akan melahirkan inspirasi baru guna membangun kota Tanjungpinang menuju masa depan lebih baik,” tutupnya.

Peringatan nuzul Quran ini istimewa dengan hadirnya penceramah kondang dari Jakarta, Ustadz Riza Muhammad. Beliau menyampaikan tausiyah seputar makna Nuzul Quran, ulasan ayat-ayat Al Quran yang membawa kita pada jalan yang terang, serta bulan ramadhan menjadi kekuatan dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Setiap materi ceramah disampaikannya dengan cerdas, ada kritikan, candaan, doa dan pesan yang tersirat didalamnya.

Tak heran jika masyarakat tak merasa bosan sama sekali mendengarkan setiap topik yang dibicarakan Ustadz berperawakan Arab ini. Pesan-pesan keislaman yang disampaikan dengan jokes dan gerak-gerik yang konyol, gayanya yang kocak itu pun disambut dengan tawa para hadirin.

Perayaan Nuzulul Quran dihadiri, Wakil Walikota, H. Syahrul, S. Pd beserta istri Ibu Juariah, TP-PKK Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH, unsur pimpinan FKPD, serta segenap keluarga besar pemko Tanjungpinang.(Humas)

Sumber : tanjungpinangkota.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel ini telah dilihat : 30 kali.