FPP Syawal Serantau Berlangsung Sukses

investigasi.co.id – Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Riono, M. Si menutup secara resmi Festival Pulau Penyengat (FPP) Syawal Serantau di Halaman Balai Adat Pulau Penyangat Inderasakti, Senin (24/7).

Kegiatan yang telah berlangsung sejak 22 hingga 24 Juli tersebut berlangsung sukses. Selama event itu berlangsung ramai masyarakat yang datang ke Pulau Penyengat. Pengunjung yang datang tak hanya dari masyarakat Tanjungpinang saja, tetapi dari luar Tanjungpinang bahkan dari mancanegara.

Sekretaris Daerah, Drs. Riono mengatakan selama tiga hari event ini berlangsung, masyarakat tumpah ruah ingin menyaksikan berbagai perlomban yang ada dalam iven FPP di Pulau Penyengat.

Menurut Riono, melalui acara ini, target Kementerian Pariwisata RI melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang untuk mendatangkan 7. 500 wisatawan Nusantara dan 250 wisatawan mancanegara tercapai. Ini merupakan upaya yang sungguh luar biasa agar semua wisatawan bisa menikmati suguhan yang di gelar di Pulau asal Bahasa Indonesia ini.

Selain itu, para pengunjung dari luar negeri, mereka tak hanya menyaksikan acara tersebut, akan tetapi ikut berpartisipasi dalam festival ini, ” Ini patut kita syukuri, semarak festival Pulau Penyengat Syawal Serantau tak hanya dirasakan oleh masyarakat lokal, tetapi dirasakan juga oleh masyarakat luar Pulau Penyengat, termasuk sanak saudara kita yang berada di Negara serumpun Malaysia, Singapore, dan Thailand “, ujar Riono.

Pria berkulit hitam manis ini berharap, event ini tak hanya sukses dalam acara penyelenggaraan, namun sukses juga dalam mendatangkan wisatawan ke Tanjungpinang. Kedepan kita masih punya event Tanjungpinang International Dragon Boat Race yang disejalankan dengam Festival Bahari Kepri.

Untuk suksesnya kegiatan tersebut, tentunya support dan dukungan dari Kementerian Pariwisata RI sangat diharapkan agar event tersebut bisa dilaksanakan guna menarik wisatawan lebih banyak lagi untuk datang ke Kepulauan Riau dan Tanjungpinang khususnya,” tutup Riono

Sementara itu, Kepala Bidang Adat, tradisi dan Kesenian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Safaruddin, S.Sn, MM menjelaskan selama tiga hari pelaksanaan event Festival Pulau Penyengat Syawal Serantau berbagai lomba telah diadakan, seperti lomba pukul bantal diikuti 48 peserta, lomba nambak itik 80 peserta, lomba dayung sampan 32 peserta, lomba becak hias 27 peserta, lomba masak khas Melayi, dan kegiatan klinik sastra diikuti 80 orang.

Untuk lomba seni dan budaya diikuti oleh siswa TK, SD, SMP, dan SMU, seperti lomba pantun 6 group, lomba syarhil gurindam 12 diikuti 6 group, lomba membaca gurindam 12 diikuti 37 peserta, lomba cipta dan baca puisi 13 peserta, lomba berzanji 8 group, lomba mewarnai 31 orang dan lomba melukis 6 peserta.

Tak hanya itu, acara ini juga diisi dengan paggelaran pentas seni dari penampilan sanggar dan pertunjukkan wayang cilik, muslim fashion carnaval, dan bazar makanan khas penyengat serta cinderamata,” jelasnya

Saffaruddin megatakan, bagi pemenang lomba kegiatan yang diadakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang diberikan hadiah piala, piagam dengan total hadiah sebesar Rp. 101.400.000. Sedangkan untuk cabang lomba yang diadakan oleh Bank Indonesia, hadiah dan penghargaan diberikan oleh BI.

Dia menyebutkan, sejak digelarnya kegiatan ini target pengunjungbyang datang menyaksikan festival ini sebanyak 2000 orang dan hingga saat ini jimlaj pengunjunh melebihi target yang dicapai, terlebih lagi adanya antusias masyarakat yang datang dari luar Pulau Penyengat. Dari data yang tercatat, pengunjung yang menyaksikan berbagai lomba pentas seni lebih dari 2.500 orang.

” Ramainya pengunjung yang datang ke Pulau Penyengat, tentu memberi dampak bagi perekonomian masyarakat. Ekonomi bergerak dilihat dari banyaknya masyarakat Pulau Penyengay yang memanfaatkan moment ini untuk berjualan makanan, cinderamata maupin oleh-oleh khas Penyengat. Mudah-mudahan festival ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat kawasan pesisir, terutama Pulau Penyengat “, tukasnya.

Seusai memberi sambutan, Sekretaris Daetah menyerahkan hadiah, piala dan piagam kepada sang juara lomba pada FPP Syawal Serantau.

Acara turut dihadiri, unsur FKPD, para Asisten, Staf Ahli, OPD Pemerintaj Provinsi Kepri, OPD PemkobTanjungpinang, Ketua DWP Ersa Famella, para pelajar, guru, serta masyarakat. (Humas)

Sumber : tanjungpinangkota.go.id

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel ini telah dilihat : 27 kali.