Pidato HUT ke-50 ASEAN, Ini Harapan Jokowi

 investigasi.co.id – Presiden Joko Widodo menghadiri peringatan 50 tahun ASEAN di gedung Sekretariat ASEAN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (11/8/2017).

“Dalam usia 50 tahun ini, ASEAN selalu bersama, selalu bergandengan tangan dalam semangat persaudaraan. Berjalan bersama untuk menciptakan ekosistem perdamaian, kokoh menjaga stabilitas, serta bergerak terus mewujudkan kesejahteraan bersama,” kata Jokowi dalam pidatonya.

Menurut dia, hal itulah yang membuat ASEAN menjadi sangat berbeda dan istimewa dibandingkan dengan apa yang terjadi di banyak kawasan lain di dunia.

“Sementara di banyak negara atau kawasan beradu kekuatan untuk menyelesaikan masalah, maka ASEAN menyelesaikan masalah dengan cara-cara dialog dan negosiasi,” tuturnya.

Selain itu, ketika banyak negara dan kawasan mulai pesimistis dengan integrasi ekonomi, namun ASEAN terus bergerak maju membangun integrasi ekonomi.

“Pada tahun 2030, ASEAN akan tumbuh menjadi pasar keempat terbesar di dunia setelah Uni Eropa, Amerika Serikat dan RRT. Inilah hasil nyata dari kebersamaan kita dalam ASEAN,” tandasnya.

Sumber : suara.com

Iklan

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *