Tokopedia Umumkan Terima Suntikan Dana Rp14 Triliun dari Alibaba

investigasi.co.id – Tokopedia, pada Kamis (17/8/2017), mengumumkan telah menerima investasi sebesar 1,1 miliar dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp14 triliun. Aliran modal baru ini diperoleh melalui sebuah babak investasi yang digalang oleh raksasa Cina, Alibaba Group.

Pengumuman aliran investasi baru ini diumumkan langsung oleh CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, dalam acara peringatan ulang tahun ke-8 Tokopedia di Jakarta.

“Pada kesempatan ini saya ingin mengumumkan Tokopedia telah menandatangani kesepakatan untuk menerima babak investasi baru. Babak investasi baru ini akan menanamkan komitmen pemodalan baru sebesar 1,1 miliar dolar Amerika Serikat,” kata Willliam.

“Pemodalan sebesar 1,1 miliar dolar AS atau setara dengan lebih dari Rp14 triliun ini akan dipimpin oleh alibaba grup bersama dengan pemegang saham tokopedia,” lanjut dia.

“Lewat babak investasi ini Alibaba grup akan jadi pemegang saham minoritas di Tokopedia,” ujar William.

Ia menambahkan bahwa kesepakatan pemodalan baru merupakan sebuah tonggak penting bagi perkembangan Tokopedia, karena bisa belajar dari sebuah perusahaan marketplace berskala dunia seperti Alibaba.

Pengumuman ini mengonfirmasi laporan media pada Juli lalu yang mengatakan bahwa Alibaba berniat menanamkan investasi di Tokopedia.

Sementara pada pekan ini Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, mengemukakan bahwa sebelum 2017 berakhir Indonesia akan memiliki lagi satu unicorn – perusahaan rintisan yang memiliki valuasi di atas 1 miliar dolar AS – baru selain Go-Jek.

Sumber : suara.com

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel ini telah dilihat : 26 kali.