Kemenag : Idul Adha 1438 H Jatuh pada 1 September 2017

investigasi.co.id – Kementerian Agama telah menetapkan 1 Zulhijjah 1438 H bertepatan dengan 23 Agustus 2017. Dengan demikian, Hari Raya Idul Adha jatuh pada 1 September 2017. Ketetapan ini diputuskan dalam sidang isbat yang digelar Kementerian Agama dan dihadiri perwakilan Ormas Islam pada Selasa (22/8).

Sekjend Kemenag, Nur Syam, menerangkan, ketetapan ini setelah mendapatkan laporan adanya tim pemantau yang berhasil melihat hilal. Pemantauan hilal dilakukan pada Selasa (22/8) dengan melibatkan 10 tokoh pemantau hilang yang tersebar di beberapa lokasi. 10 tokoh yang menyampaikan pandangan terkait hasil pengamatan hilal terdiri dari peneliti, Nadhatul Ulama (NU), Kemenag, dan wakil-wakil dari organisasi Islam lainnya.

“10 oarang sudah melihat hilal, ada peneliti Boscha, perwakilan falakiyah NU, tokoh umat Islam, dan perwakilan Kantor Kementerian Agama, semua mengatakan melihat hilal,” terang Nur Syam, dilansir dari laman resmi Kemenag.

Kepada masyarakat Indonesia, Nur Syam mengajak untuk menggelorakan semangat berkurban. Menurutnya, berkurban bisa meningkatkan etos kerja dan etos kebersamaan.

“Dengan semangat kebersamaan, semangat harmoni, semangat kerukunan yang sudah didengungkan ke mana – ke mana, tahun ini kita melaksanakan hari raya bersamaan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” kata Nur Syam.

Sumber : edupost.id

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel ini telah dilihat : 32 kali.