Animasi SMKN 4 Tanjungpinang Jalin Kerjasama dengan Infinite Studios Batam

 

Investigasi.co.id – Animasi SMKN 4 Tanjungpinang melakukan pertemuan dengan pimpinan Infinite Studios Batam, kamis (28/09/2019) di Teluk Mata Ikan Noagsa Batam.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut dari SMKN 4 Tanjungpinang Bapak M. Amirulmukmini Waka Humas mewakili Kepala Sekolah, Ibu Sri Wahyuningsih Sekretaris Humas dan Bapak Edi sebagai ketua Jurusan Animasi. Sedangkan dari Infinite Studios Batam dihadiri oleh General Manager Bapak Ryan Willi Asthra dan Ibu Nadia Direktur Animasi.

Pertemuan tersebut dalam rangka menjalin kerjasama antara Dunia Industri dan SMK sebagai mana yang telah di instruksikan oleh Presiden Republik Indonesia tentang Revitalisasi SMK  (Instruksi Presiden No. 9 Tahun 2016). Dalam pertemuan tersebut telah terjalin kerjasama antara SMK Negeri 4 Tanjungpinang dan Infinite Studios Batam dalam beberapa point kesepakatan antara lain penyelarasan kurikulum berbasis kompetensi sesuai kebutuhan industri, pengembangan sarana dan prasarana pratikum, penyediaan guru tamu bidang studi produktif, praktek kerja industri bagi siswa SMK, pemagangan industri bagi guru dan sertifikasi.

“Siswa/i akan kita dimagangkan selama 1 tahun, karena untuk 3 bulan tidak akan bisa tercapai  kompetensi anak dalam hal menyelesaikan projek animasi di sini, ungkap Bapak Ryan Willi Asthra. “ Dalam hal ini kita kembalikan kesekolah dan orang tua apakah bisa diselaraskan dan diizinkan”, imbuhnya.

Infinite Studios batam berdiri pada tahun 2005, merupakan studio film terbesar di Asia Tenggara dan tempat diproduksinya film-film Internasional. Seiring perkembangan industri perfilman, Infinite Studios yang sebelumnya berfokus pada ranah animasi kini mulai merambah ke ranah perfilman yang lebih luas, yaitu film-film dan serial live-action. Pada tahun 2011, Infinite Studios berpindah lokasi di area dekat resort pantai Turi yang masih di pulau Batam.

Di tempat baru tersebut, Infinite Studio menjadi sebuah kompleks terpadu yang mempunyai studio-studio buatan untuk kepentingan syuting film ataupun serial live-action. Setelah itu Infinite Studios juga mempunyai fasilitas-fasilitas yang diperlukan untuk masa-masa pasca produksi.

Selama meramaikan industri perfilman Asia dan dunia, Infinite Studios mempunyai berbagai capaian dan keunikan tersendiri. Mulai dari film Hollywood yang syuting di Batam, pujian mantan Presiden SBY, hingga talenta lokal Indonesia yang banyak terlibat di dalamnya.

Dengan adanya kesempatan dan kerjasama ini diharapkan nantinya SMK Negeri 4 Tanjungpinang dapat menghasilkan siswa/i yang handal dan kompeten di bidang animasi dan setelah lulus mereka lulus nanti akan dapat terserap di dunia kerja khususnya sebagai animator. (edy)

 

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel ini telah dilihat : 84 kali.