Agar Masyarakat Nyaman dan Bahagia

investigasi.co.id – Gubernur H Nurdin Basirun, Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi dan Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak ingin memastikan masyarakat mendapatkan kenyamanan saat menggunakan segala jenis angkutan di akhir tahun ini.

Masyarakat Kepri harus bahagia saat menjalani liburan panjang akhir tahun ini baik saat berangkat mau pun tiba kembali.

“Kegiatan ini merupakan bukti hadirnya negara dalam memberikan kenyamanan saat perayaan hari besar keagamaan sehingga bisa berjalan dengan baik dan khidmat,” kata Nurdin saat melakukan inspeksi di Bandara Hang Nadim, Batam, Jumat (22/12) pagi.

Di Hang Nadim, Gubernur, Kapolda dan Ketua DPRD melakukan pengecekan di ruang tunggu, hingga ke dua pesawat yang akan terbang, yaitu Citilink dan Lion Air.

Sebelum melakukan inspeksi, saat tiba di Bandara Hang Nadim Nurdin dan Nadeak langsung menuju Pos Pelayanan bertemu dengan Kapolda Kepri dan Kepala Bandara. Gubernur mengisi buku tamu dan memberikan sedikit arahan kepada personil yang bertugas.

“Kami Sangat Bangga dengan kesiapan teman-teman di lapangan, bangun koordinasi, tingkatkan kewaspadaan agar tidak terjadi gangguan keamanan apapun saat saudara-saudara kita berangkat mudik untuk merayakan Natal dan Tahun Baru 2018,” tulis Nurdin pada buku tamu tersebut.

Gubernur juga berharap dilakukan pengecekan urin kepada Pilot dan Pramugari/Pramugara untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kepada penumpang, Nurdin mengingatkan untuk menghindari jasa calo saat ingin mendapatkan tiket.

Nurdin, Didid dan Nadeak juga melihat proses tes urine yang dilaksanakan terhadap awak penerbangan. Saat itu, sedang dilaksanakan tes urine untuk pilot, copilot dan empar orang pramugari Citilink dan Lion Air.

“Kepedulian dan kesiapsiagaan kita dalam bertugas semoga menjadi ladang amal dan pahala kelak serta biar Tuhan yang membalas semuanya,” kata Nurdin sambil mengingatkan pihak-pihak untuk saling berkoordinasi dan bangun sinergitas dengan stake holder lainnya agar permasalahan yang terjadi dilapangan bisa untuk segera diselesaikan.

Dalam pada itu, Kapolda Didid menyebutkan Polda Kepri mengamankan perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 dengan menurunkan personil sebanyak 1.454 orang, kendaraan sebanyak 300 unit dan kapal sebanyak 25 unit. Sementara personil yang dibersiaga di Pos Pelayanan Bandara Hang Nadim sebanyak 56 orang.

“Memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang akan mudik baik melalui Bandara Hang Nadim maupun Pelabuhan lainnya yang ada di Kota Batam. Terus berkoordinasi dengan unsur lainnya sehingga masalah sekecil apapun bisa dinetralisir,” kata Kapolda.

Sementara, Kepala Bandara Hang Nadim, Suwarso menyebutkan pihaknya akan terus memberikan rasa nyaman kepada setiap masyarakat yang akan melakukan mudik melalui Bandara Hang Nadim. Mereka juga melaksanakan pengamanan sesuai tupoksi dan berkoordinasi dengan pihak lainnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebelum sidak di Hang Nadim, Nurdin dan Nadeak terlebih dahulu melakukan inspeksi di Pelabuhan Domestik Sekupang. Pada kesempatan itu Nurdin mengatakan perlu dilakukan tes urin kepada Nakhoda dan ABK kapal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kepada pemilik angkutan laut, Nurdin mengingatkan untuk memastikan setiap Nakhoda memiliki waktu istirahat yang cukup sehingga ketika berlayar tetap dalam keadaan fit.

Gubernur menghimbau agar alat keselamatan kapal dicek, ABK dilarang merokok selama dalam pelayaran, memperhatikan cuaca serta berfungsinya alat komunikasi (radio).

“Peranan Syahbandar sangat dibutuhkan untuk memperhatikan cuaca yang berubah-ubah dalam memberikan izin pelayaran. Seluruh penumpang wajib memiliki tiket resmi sesuai identitas serta menghidari menggunakan jasa calo,” kata Nurdin saat sidak ke kapal Bintang Rezeki Express tujuan Pulau Buru- Tanjungbatu-Penyalai dan Labuhan Bilik ini.

Saat sidak di Bandara Hang Nadim, tampak serta Kapolresta Barelang Kombes Pol Hengki. Sementara di Pelabuhan Sekupang, tampak hadir Syahbandar M. Adi Ismail, Kapolsek KKP Sekupang AKP R. Tarigan, Kasatker Pelabuhan Sekupang Suherman, dan Bea Cukai Pelabuhan Sekupang Zulmar.

Sumber : kepriprov.go.id

Iklan

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *