Bintan Tawarkan Pemprov Kepri Selenggarakan Lomba Perahu Jong

investigasi.co.id – Pemerintah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau menawarkan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk menyelenggarakan lomba perahu layar jong.

Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam seusai membuka Festival Jong Race di Pantai Keter, Kelurahan Tembeling Tanjungpinang, Bintan, Jumat, mengatakan, lomba perahu akan semakin semarak jika Pemprov Kepri mengagendakannya setiap tahun.

“Kami berharap lomba perahu jong juga diselenggarakan Dinas Pariwisata Kepri agar warisan budaya ini dapat dilestarikan dan dikenal oleh seluruh daerah di Kepri,” katanya.

Dinas Pariwisata Bintan menyelenggarakan Festival Jong Race yang disejalankan dengan lomba menyanyi lagu pop yang diciptakan tahun 1960-an. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari.

Lomba perahu layar jong merupakan warisan budaya melayu khas Bintan. Sejak dahulu, lomba ini setiap tahun dilaksanakan sehingga layak untuk dilestarikan.

Lomba perahu layar utara, menurut dia, menarik perhatian publik, karena itu ditetapkan Pemkab Bintan menjadi salah satu kalender pariwisata. Lomba perahu layar ini sejak tahun 2016 diselenggarakan Dinas Pariwisata Bintan.

“Kami sudah dua kali melaksanakan kegiatan ini,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Nintan, Luki Zaiman Prawira, mengatakan jumlah peserta lomba perahu jong utara sebanyak 350 orang. Mereka berasal dari kabupaten dan kota di Kepri.

“Sebenarnya dari keseluruhan peserta yang mengikuti festival ini masih banyak lagi yang ingin mendaftar, dikarenakan keterlambatan pendaftaran, akhirnya mereka tidak dapat ikut,” ucap Luki.

Panitia menyiapkan jalur layar sepanjang 500 meter, dihitung dari bibir pantai. Perahu jong tidak dilepas di tengah laut, melainkan dari bibir pantai.(asikk1)

Sumber : Humas Kepri

Editor : edi

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel ini telah dilihat : 35 kali.