Ujian Nasional 2018 segera Digelar, Ini Jadwalnya

investigasi.co.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud) mengumumkan jadwal Ujian Nasional (UN) untuk jenjang SMA dan SMK. Pelaksanaan UN tahun ini akan dimulai awal April nanti, diawali dari jenjang SMA.

Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi mengatakan, untuk jenjang SMK Ujian Nasional akan digelar pada tanggal 2-5 April. Akan ada 4 mata pelajaran yang diujikan yaitu bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris, dan teori kejuruan. Selain itu akan ada ujian sertifikasi kompetensi yang akan diuji Lembaga Sertifikasi Profesi.

Sedangkan UN untuk jenjang SMA dan Madrasah Aliyah (MA) akan dimulai pada 9-12 April. Mata pelajaran yang akan diujikan adalah bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, dan satu mata pelajaran jurusan.

Bambang mengatakan siswa bisa memilih satu mata pelajaran tergantung jurusannya. Misal, siswa jurusan IPA bisa memilih biologi, fisika, atau kimia. Hal itu untuk menguji passion atau minat siswa.

Bagi siswa yang tak dapat mengikuti UN pada tanggal yang telah ditentukan bisa mengikuti UN susulan pada 17-18 April.

Sementara itu, jadwal UN untuk SMP/Madrasah Tsanawiyah akan digelar pada 23-26 April. Sedangkan UN susulan bagi SMP akan digelar pada 8-9 Mei 2018.

Ada pun jadwal UN pendidikan kesetaraan program paket C akan digelar pada 27-30 April dan 2 Mei. Sedangkan UN susulan bagi program paket B dan C akan dilaksanakan pada 11-14 Mei. (Andi)

Sumber : edupost.id

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel ini telah dilihat : 36 kali.