Deklarasi Anti Hoax Digelar Polda Metro di Area CFD

investigasi.co.id – Polda Metro Jaya menggelar deklarasi anti hoax di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (18/3/2018) pagi.

Polisi sengaja menggelar deklarasi anti hoax di Bundaran HI karena berhubungan dengan kegiatan car free day yang biasa dilaksanakan warga Jakarta untuk berolahraga di akhir pekan.

“Intinya biar masyarakat tahu, komunitas tahu,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono di lokasi.

Menurut Argo, sosialiasi pencegahan berita bohong di media sosial ini juga sudah dilaksanakan polda-polda lain. Pelaksanaan deklarasi anti hoax ini juga merupakan inisiatif dari kepolisian untuk mengantisipasi kegaduhan di masyarakat di tahun politik ini.

 “Semua Polda sudah dilakukan, semua pemerintah sudah melaksanakan. Semua bukan dari paksaan kita, tapi pemerintah juga melakukan bahwa penyebaran hoaks tidak baik,” katanya.Argo mengimbau agar warga bisa memanfaatkan sarana teknologi seperti internet dengan bijak. Dia juga berharap masyarakat bisa memilah-milah informasi yang beredar di dunia maya.

“Makanya kita sampaikan menggunakan media sosial gunakan 3 KA. Logika, pemberitaan foto yang kita upload ya logikanya seperti apa, kedua estetika, kita kira-kira pantes enggak, ketiga etika. Etika seperti apa. Kalau tiga KA itu sudah diterapkan bagus,” kata dia.

Lebih lanjut, Argo menyampaikan, polisi pun tak segan-segan memproses hukum apabila ditemukan masyarakat yang turut menyebarkan berita-berita hoax di medsos.

“Kalau ada pelanggaran pidana tentunya kita tindak, ada seseorang yang memberikan hoaks yang tidak benar ya kita tangkap,” katanya.

Sumber : suara.com

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel ini telah dilihat : 13 kali.