Animasi 3 Dimensi

Investigasi.co.id – Grafik 3D yaitu perkembangan dari grafik 2D. Didalam grafika pc, 3D yaitu wujud grafik yg memanfaatkan representasi data geometri tiga dimensi. Suatu objek rangka 3D kalau disinari dari arah tertentu bakal mencetak bayangan terhadap permukaan gambar. Proses pengerjaan grafik pc 3D mampu dibagi ke dalam tiga fase, merupakan 3D modeling yg mendeskripsikan wujud dari satu buah objek, layout & animation yg mendeskripsikan kegiatan & tata letak suatu objek, & 3D rendering yg memproduksi image dari objek tersebut.

Istilah atau Pengertian Grafik 3D merupakan suatu gambar,garis,lengkungan,dan sebagainya yg mempunyai titik-titik yg menghubungkan jadi satu buah wujud 3D
Di dalam dunia game, 3D dengan cara umum merujuk terhadap kapabilitas dari satu buah video kartu tautan( Saat ini video kartu memanfaatkan variasi dari instruksi-instruksi yg ditanamkan dalam video kartu itu sendiri (bukan berasal dari software) utk mencapai hasil grafik yg lebih realistis dalam memainkan game komputer.

Setelah munculnya game 2D muncullah game dgn penampilan 3D datar (3D Plaine) factor ini tidak jarang menciptakan bingung lantaran tidak jarang dinamakan game 2D namun mereka tidaklah sama. Game seperti ini bukan 2D tetapi tak pula full 3D. Biasanya gameplaynya benar-benar serupa game 2D di mana kita cuma dapat bergerak dengan cara horizontal & vertical tapi sekian banyak gambarnya di render dengan cara 3D. Teori grafik seperti ini dinamakan dgn 2.5D atau pseudo-3D sedangkan kepada istilah game lebih dikenal bersama isometric/diametric atau bahkan trimetric projection.
Berbeda dgn game 2D, dalam game 3D kamu bakal menemui tiga segi (X,Y,Z).
Game bertipe ini memakai 2 rupa type pemodelan:

3D object/model :

Ini ialah model/ object 3 dimensi yg nantinya bakal kamu jadikan yang merupakan karakter mutlak, bangunan, object-object seperti senjata,musuh, permukaan tanah ,pohon, bukit,dll. Object 3d seperti ini mampu kamu utk dgn memanfaatkan acara seperti “3D S.Max”,”Maya”,”Hash”,dll

Perbedaan Grafik 3D & 2D

1. Grafik computer 2 dimensi biasa dinamakan bersama 2D atau bagian ialah wujud dari benda yg mempunyai panjang & lebar. Grafik 2 Dimensi yaitu teknik penggambaran yg berpatokan terhadap titik koordinat sumbu x (datar) & sumbu y (tegak). Agar bisa tampil bersama sempurna, gambar yg bakal ditampilkan bersama teknik ini mesti mempunyai nilai koordinat x & y minimum 0 & maksimum se gede resolusi yg digunakan.

2. Grafik pc 3 dimensi biasa dinamakan 3D atau yaitu wujud dari benda yg mempunyai panjang, lebar, & tinggi. Grafik 3 Dimensi yakni teknik penggambaran yang berpatokan kepada titik koordinat sumbu x(datar), sumbu y(tegak), & sumbu z(miring).Representasi dari data geometrik 3 dimensi juga sebagai hasil dari pemrosesan & pemberian dampak cahaya kepada grafika pc 2D. Tiga Dimensi, rata-rata difungsikan dalam penanganan grafis. 3D dengan cara umum merujuk kepada kebolehan dari suatu video kartu tautan( Saat ini video kartu memakai variasi dari instruksi-instruksi yg ditanamkan dalam video kartu itu sendiri (bukan berasal dari software) utk mencapai hasil grafik yg lebih realistis dalam memainkan game komputer.

3D Animation

3D Animation merupakan menganimasikan obyek yg tampak dalam area 3 dimensi. Dapat dirotasi & digerakkan seperti obyek riil (Obyek yg nyata). Proses pengerjaan 3D Computer Graphics sanggup dibagi dengan cara sekuen dalam 3 fase basic berikut :

  • Modeling – Membuat gambar kasar (broad contours) & struktur dari obyek 3D & latar belakangnya.
  • Animation – Menentukan pergerakan obyek 3D.
  • Rendering – Memberikan atribut kepada obyek seperti warna, tekstur permukaan, & transparansi.
  • Dari sekian banyak step di atas, step yg paling membutuhkan storage yaitu step Rendering.
  • Cel Animation – Berdasarkan kepada perubahan yg berjalan dari satu frame ke yg lainnya.

Istilah Yang Sering Digunakan Dalam Cell Animation, Metoda animasi yg tidak jarang digunakan:

1. Straight Ahead Animation – animasi yg cuma memanfaatkan metode gambar dari kegiatan satu ke kegiatan lain dalam suatu sekuen yg berkembang.

2. Pose Planning Animation – aniamsi yg memakai metode key atau extreme pose.

3. Planned Animation – sebuah system yg mengunakan gambar animasi yg sama terhadap adegan yg tidak sama. Sistem ini tidak jarang diperlukan dalam pelaksanaan kartun seri buat program TV lantaran deathline yg mesti dikerjakan dalam pengerjaan TV series.

4. Cycle Animation – sistem pemakaian celluloid panjang ( 12 inches ) utk menggambarkan aktivitas yg berulang-ulang. Sistem ini biasa dipakai utk paning kamera movement.

5. Limited Animation – sistem animasi yg membagi-bagi gambar satu buah karakter tepat dgn keperluan dalam satu buah adegan. Tujuannya ialah utk me-minimalisasikan disaat pelaksanaan sebab system ini cuma tukar anggota badan karakter tertentu ( contohnya aktivitas bibir utk dalog ) tidak dengan ubah posisi anggota badan yang lain dalam adegan yg berbeda.

Animation Special Effects

  • Morphing – yaitu mengumpulkan 2 Image jadi satu seri Image
  • Warping – memberikan dampak pergerakan perubahan terhadap satu buah Image
  • Virtual Reality – membuat satu buah environment yg melingkupi user di mana user jadi sektor dari environment tersebut. Jadi seolah-olah user berada disuatu lingkungan, di mana user sanggup memandang lingkungan tersebut sampai 360 derajat. Yang berarti ini bakal menciptakan Lingkungan tersebut nyaris menyerupai asli/nyata.

Didalam Animation, dapat ada sekian banyak Istilah yg dapat tidak jarang kita jumpai, sekian banyak diantaranya yakni :

  • Animated Text – menggunakan perintah HTML buat menciptakan text jadi berkedip-kedip.
  • Animated Gif – menggunakan satu buah software acara buat menciptakan satu seri gif file seperti GIF Builder.
  • Director Movie – animasi dimainkan memanfaatkan Shockwave plug-in.
  • 3D Environments – aplikasi pc yg difungsikan buat menciptakan Image 3D.

Keuntungan & Kerugian dari Penggunaan Animasi

Animasi menangkap (capture) imajinasi bersama lebih baik daripada tools yg lain. Menggambarkan perbuatan & rekan bisnis special yg tak tampak kepada realitas atau barangkali tak ada sama sekali(Berbentuk seperti Khayalan).

Keuntungan
1. Menarik & Menahan Perhatian.
2. Memperlihatkan perbuatan tidak telihat (Invisible Actions).
3. Menambah daya ingat.
4. Memampukan visualiasi rencana, object, & rekan bisnis yg dibayangkan.
Dengan animasi, kita bisa laksanakan hal-hal yg tak mampu dilakukan orang dengan cara nyata. Manusia punyai keterbatasan pastinya. Tapi dgn Animasi, keterbatasan manusia mampu diubah jadi penampakan bersama imajinasi yg melampaui keterbatasan manusia.

Kerugian
1. Membutuhkan penambahan memory & lokasi (space) daya simpan yg besar.
2. Membutuhkan peralatan husus utk presentasi yg berkualitas.
3. Animasi 2 dimensi tak sanggup memperlihatkan resiko ‘nyata’ seperti kepada video & foto.
4. Membutuhkan budget yg lebih tinggi buat membuahkan Animasi yg menarik.
5. Membutuhkan ketika yg pass lama utk membuat satu buah Animasi.

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel ini telah dilihat : 444 kali.