Luar Biasa! Film Animasi Karya Murid SMK 4 Tanjungpinang

investigasi.co.id – Siapa yang tak suka menonton kartun atau film animasi? Anak kecil pun hingga orang dewasa selalu menikmati tontonan yang selalu berhasil menghibur dalam suasana hati apapun. Kartun sendiripun banyak sekali jenisnya, mulai dari kartun gag, editorial, komik, karikatur, hingga kartun animasi seperti yang menjadi pokok perbincangan kita kali ini.

Berbicara mengenai kartun animasi, banyak sekali contoh negara-negara di luar sana yang sudah jauh maju dalam bidang ini hingga negara tetangga yang dalam beberapa periode terakhir mencuri perhatian banyak mata, tak ketinggalan Indonesia sebagai penikmat didalamnya.

Namun seperti apa ya kira-kira dunia ‘kartun animasi’ di Indonesia? Apakah kawan mengetahui karya-karya pemuda negeri yang potensial dalam dunia animasi ini?

Tak perlu pesimis, kali ini karya anak SMK membuktikan bahwa dengan efek CGI yang digunakan mampu menciptakan animasi 3D tanpa harus menggunakan software 3D untuk menampilakan animasi sekelas studio animasi Walt Disney. Penasaran? Beginilah ceritanya.

Apa itu CGI? CGI (Computer Generated Imagery) ialah aplikasi computer grafis yang digunakan untuk menciptakan gambar 3D lengkap dengan berbagai efek yang dikehendaki. Beberapa software CGI yang cukup popular yakni Art of Illusion, Maya, Blender, dan masih banyak lagi.

Kecanggihan teknologi dari CGI yang diaplikasikan melalui film, pada dasarnya sering membuat orang-orang berdecak kagum. Bahkan efek visual yang dihasilkan CGI mampu mengecoh para penontonnya karena sesuatu yang sifatnya imajinasi tampak menjadi sesuatu yang real atau nyata.

Faktanya, tak hanya merambah dalam produksi film berskala besar, saat ini penggunaan CGI ini bahkan juga memasuki film-film dengan produksinya yang terbilang kecil. Dalam kesempatan kali ini, bahkan seorang murid SMK pun bisa menggunakan efek yang satu ini. Bagaimana dengan hasilnya? Tentu saja tak kalah dengan CGI yang digarap secara besar-besaran.

Dia adalah Jopan, murid SMKN 4 Tanjungpinang, Kepulauan Riau yang memproduksi film animasi CGI. Berjudulkan ‘Kucing Yang Terdampar’, film ini secara mandiri ia garap entah dalam animasinya pun visualnya.

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, hal yang menjadikan animasi ini menarik ialah, efek CGI yang diterapkan Jopan menggunakan software sekelas studio animasi Walt Disney yaitu software Maya.

“Saat ini yang dicari dalam dunia industry adalah software menggunakan Maya, karna mampu menghasilkan sebuah masterpiece yang amazing sudah pasti kamu akan lebih dipilih di industri” tutur Jopan.

Film pendek berdurasi 20 detik ini mengisahkan tentang  seekor kucing yang terdampar di laut. Untuk lebih detail, kawan bisa langsung tonton cuplikan karya Jopan berikut ini.(edi)

loading
Big Buck Bunny
00:00
--
/
--
youtube play
vimeo play

tekno

  • Tampak Depan
  • Tampak Samping

 

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel ini telah dilihat : 50 kali.