Antisipasi Virus Corona, KSOP Tanjungpinang Gandeng Semua Pihak.

investigasi.co.id | Tanjungpinang – Rapat koordinasi yang dilaksanakan oleh Kantor Pelabuhan ( KSOP ) Tanjungpinang Kepulauan Riau, hadir sejumlah instansi terkait didalam rapat koordinasi tersebut, Rapat yang digelar pukul 14.00.siang, membahas peningkatan penanganan masuk nya wabah virus corona melalui kapal penumpang internasional, baik yang datang dari Singapore maupun dari Malaysia, Jum’at ( 06/03/2020 ).

Adapun yang hadir dalam pertemuan di Kantor Syahbandar, Kantor Kesehatan Pelabuhan, KP3 pelabuhan, Dinas Kesehatan, Imigrasi, Bea & Cukai, Karantina Hewan, PT. Pelindo, Dishub dan operator kapal penumpang.

Selanjut nya Kepala Kantor KSOP Tanjungpinang yang diwakili oleh kasi lalu lintas laut dan kepelabuhan Samsul Nizar, menyampaikan,” rapat itu untuk membentuk tim dengan tujuan mengantisipasi tentang virus corona yang akan masuk melalui pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang.

“ Kita akan bergerak cepat agar mayarakat, pada umum nya penumpang, disaat memasuki pelabuhan maka kita lansung melakukan pemeriksaan, antisipasi secara ketat dengan alat pedenteksi pengukur suhu panas, mengunakan sarung tangan, masker dan alat karantina apa bila diantara penumpang yang masuk dapat terdeksi virus corona sehingga bisa diamankan oleh pihak kesehatan pelabuhan untuk selanjut nya akan di evakuasi, jika ada yang terdeteksi virus corona bahkan penaganan sampah dalam kapal penumpang juga harus diamankan ketempat pembuangan yang layak,” ucap Samsul.

Selain itu pihaknya akan mengeluarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) bagi kapal penumpang yang datang dari Singapore maupun kapal barang.

Saat diminta tangapan dalam rapat yang disampaikan KSOP, pihak pengaman yang juga diwakili oleh KP3 pelabuhan menyampaikan ” akan memperketat setiap penumpang yang akan masuk kepelabuhan terkait penanganan masalah virus corona ini dan jangan terlalu dibesar – besarkan sehingga dapat menimbulkan kecemasan yang meluas kepada masyarakat baik yang sedang berada di area pelabuhan maupun masyarakat diluar sana, yang terpenting bagaimana cepat kita mengantisipasi,” beber nya. (T.4z)

 

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel ini telah dilihat : 39 kali.