Amerika Dikonfirmmasi Memiliki Kasus Covid-19 Paling Tertinggi di dunia

Investigasi.co.id | US – Pada hari Kamis, kami mencapai daerah seperti aliran sungai yang suram. AS menyusul Italia dan Cina sebagai negara dengan jumlah kasus Covid-19 terkonfirmasi tertinggi. Ini adalah krisis yang mengerikan dan kegagalan luar biasa Presiden Donald Trump. Orang Amerika menderita dan sekarat karena pemerintahan Trump gagal bertindak cepat dan tegas untuk mencegah penyebaran virus. AS sekarang telah melihat sekitar 1.195 kematian dan jumlahnya meningkat dengan cepat.

Pada hari Kamis, AS melihat peningkatan lebih dari 15.000 kasus dalam satu hari  lonjakan yang mengejutkan yang dapat dijelaskan oleh penyebaran virus dan peningkatan pengujian setelah berminggu-minggu kekurangan  mendorong jumlah total kasus yang dikonfirmasi lebih dari 82.000 . Cina, sebagai perbandingan, telah melaporkan 81.285 kasus.

Ada perbedaan mendasar antara Cina dan AS. China telah mematahkan penyebaran virus dengan kuncian yang pertama kali dimulai di Wuhan pada 23 Januari dan sekarang diangkat secara bertahap; hanya beberapa lusin kasus baru yang diduga dikonfirmasi setiap hari, dan sebagian besar dari ini tampaknya diperkenalkan dari luar negeri. AS belum memecahkan epidemi. Dan jika Trump memiliki caranya, meringankan pedoman untuk tinggal di rumah sebelum Paskah, kita akan gagal menghentikan epidemi dan jutaan lainnya akan terinfeksi. Bahkan dengan kontrol aktif, kita mungkin menghadapi sekitar 81.000 kematian pada bulan Juli menurut analisis rinci baru dari Institute for Health Metrics and Evaluation di University of Washington di Seattle.

Pemindahan virus, yang mungkin berasal dari kelelawar, ke manusia adalah peristiwa yang tak terduga. Respons terhadap peristiwa itu telah ditentukan oleh kebijakan negara. Pada 31 Desember, pemerintah Wuhan secara terbuka mengkonfirmasi bahwa mereka sedang merawat puluhan kasus wabah pneumonia baru yang misterius dan pada 7 Januari, para pejabat mengidentifikasi virus corona baru sebagai penyebabnya. Kasus yang dikonfirmasi pertama di Jepang diidentifikasi pada pertengahan Januari, dengan Korea Selatan, Taiwan, Singapura dan AS mengikuti dalam beberapa hari.

Negara-negara Asia Timur mulai bertindak. Banyak yang mengalami wabah SARS 2003 dan memiliki tim kesehatan masyarakat yang siaga untuk wabah baru. Lebih dari dua bulan kemudian, jumlah kasus yang dikonfirmasi telah meroket di AS, dengan lebih dari 250 kasus per juta orang, jauh lebih tinggi daripada Cina, yang memiliki sekitar 57 kasus per juta; Hong Kong, 60; Taiwan, 11; Singapura, 117; Jepang, 11; dan Korea, 180.

Trump memikul tanggung jawab langsung atas ketidaksiapan Amerika dan kegagalan respons terhadap epidemi. Sejak Trump berkuasa, ia secara sistematis membongkar sistem kesehatan masyarakat pelindung kami. Unit pandemi di Dewan Keamanan Nasional dibongkar pada tahun 2018 di bawah pengawasannya. Trump memangkas tim kontrol epidemi CDC di 39 negara, termasuk Cina. Dan ketika epidemi melanda, Trump mengabaikannya, mengecilkannya, dan membuat klaim palsu berulang. Bahkan sekarang, dia menyuarakan omong kosong tentang memulai kembali ekonomi pada hari Paskah ketika para ahli kesehatan masyarakat mengatakan ancaman akan bertahan lebih lama.Trump sangat bersalah, tetapi ia bukan satu-satunya alasan bagi situasi suram Amerika dalam menghadapi epidemi ini. Sistem perawatan kesehatan nirlaba kami menghasilkan uang untuk penyakit, bukan kesehatan. Alih-alih, kami memiliki sistem yang berfungsi untuk orang kaya, alih-alih sistem kesehatan publik untuk semua orang Amerika yang siap mengantisipasi dan mengendalikan patogen baru melalui pengujian, pelacakan kontak, dan karantina.

Orang Amerika di seluruh negeri berjuang untuk tetap hidup, sementara Trump bertindak seolah-olah dia lebih berniat menyelamatkan ekonomi. Kita masih bisa mencoba mengendalikan virus seperti yang dilakukan negara-negara Asia Timur dan dalam prosesnya kita akan menyelamatkan ekonomi juga. Kita perlu tindakan tegas di seluruh negara bagian dan kota. Kami menemukan kepemimpinan hari ini di gubernur, walikota, dan petugas kesehatan garis depan kami yang berani.

Editor : Edi

Sumber : www.edition.cnn.com

 

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel ini telah dilihat : 16 kali.