Aksi Sigap UPT Damkar Atasi Karhutla di Bintan

Investigasi.co.id | Bintan – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di Kabupaten Bintan. Kali ini Karhutla melanda kawasan di Karang Rejo, RT 02/RW 05, Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Jum’at (03/04/2020).

Kebakaran terjadi sekitar pukul 13.27 WIB. Dan luas lahan yang terbakar, sekitar 2 hektar.

“Kebakaran tersebut belum dapat dipastikan apa penyebabnya dan siapa pemiliknya secara pasti, yang jelas kami dari Satgas (Damkar) mengupayakan, bagaimana agar api dapat dipadamkan dengan cepat,” ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran Kabupaten Bintan, Nurwendi.

Wendi menjelaskan, bahwa adanya kejadian kebaran lahan dan hutan tersebut ,setelah Satgas Damkar mendapatkan informasi dari warga melaui sambungan telepon.

“6 orang tim Sattgas pun, langsung turun menuju lokasi,” ungkap Wendi.

Setibanya di lokasi kebakaran, mobil Damkar langsung menembakkan air ke sasaran titik api. Dibantu Babinsa dan Kamtibmas, Lurah Kawal dan warga, yang sudah terlebih dahulu berada di lokasi kebakaran.

“Sehingga, reaksi cepat pun terus dilakukan, untuk memadamkan api, agar tidak merembet ke titik lokasi lainnya,” ujar Wendi.

Melihat situasi dan kondisi pada saat ini, masih dapat diatasi.

“Saya selaku Kepala UPT Damkar di tiga wilayah kerja, yakni Kecamatan Toapaya dan Gunung Kijang, tentu masih kekurangan anggota di lapangan,” kata Wendi.

Terkait kegiatan Damkar sendiri, seperti kebakaran yang terjadi saat ini, mobil Damkar yang berkapasitas 3 ton masih dapat mengatasi kobaran api seperti di sini. Dari pantauan investigasi.co.id, api berhasil dipadamkan setelah 4 jam.

Wendi berpesan dan berharap, agar jangan membuang puntung rokok sembarangan. Apalagi saat dimusim kemarau.

“Untuk mengurangi kebakaran saat musim kemarau, agar jangan membuang puntung rokok sembarangan dan jika terjadi kebakaran lahan dan hutan, masyarakat dapat langsung menghubungi Satgas Damkar terdekat. Tujuannya,apabila ada masyarakat yang dengan sengaja membakar lahan dan hutan, maka Satgas Damkar akan menindak tegas bersama pihak Kepolisian,” tutup Wendi.

Penulis : T.4z.

Iklan

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *