Plt.Wali Kota Rahma Imbau Masyarakat dan Pelaku Usaha Patuhi Protokol Kesehatan New Normal

Investigasi.co.id | Tanjungpinang – Menjelang penerapan tatanan kehidupan baru atau new normal di kota Tanjungpinang, Plt. Wali Kota Tanjungpinang, Rahma meninjau sekaligus memberikan sosialisasi ke pusat perbelanjaan di wilayah pasar kota lama Tanjungpinang, Minggu (14/06/2020).

Peninjauan dilakukan mulai dari pusat-pusat perbelanjaan di jalan Merdeka, jalan Tengku Umar, lorong pasar, hingga ke jalan Pos.

Saat peninjauan, Rahma pun mendatangi sejumlah toko, kedai kopi, mini market, kios-kios, hingga supir angkot untuk meyampaikan informasi pola new normal yang mulai diberlakukan Senin (15/6) besok.

“Besok kita mulai tatanan hidup baru, jadi kita berikan sosialisasi dan pastikan kesiapan masyarakat menghadapi pola hidup baru sesuai protokol kesehatan Covid-19,” ucap Plt. Wali Kota, Rahma, usai melakukan peninjauan.

Dalam peninjauan itu, Rahma menekankan pelaku usaha dan masyarakat untuk mengedepankan protokol kesehatan seperti memakai masker, sering mencuci tangan pakai sabun, jaga jarak, serta hindari kerumunan.

Bagi pemilik toko, kata Rahma, wajib menyiapkan tempat cuci tangan, sabun dan hand sanitizer, mejaga jarak antrian kasir, menjaga kebersihan lokasi penjualan, serta penjual dan pengunjung diwajibkan selalu menggunakan masker.

Untuk itu, Rahma meminta setiap pengelola pertokoan, kedai kopi, swalayan, dan lainnya bertanggungjawab dan memperhatikan protokol kesehatan, tidak hanya ditujukan untuk pembeli, tapi juga pemilik usaha.

“Ini untuk menjaga keselamatan pembeli dan pedagang. Jika ada pengunjung tidak memakai masker, jangan diizinkan masuk,” pungkas Rahma.

Menghadapi pola hidup baru ini, kata Rahma, pemko didampingi dengan perwako. Perwako ini bertujuan untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menjalankan aturan hidup baru.

Bagi masyarakat maupun pemilik usaha yang melanggar protokol akan diberi sanksi sesuai aturan, mulai dari teguran, tertulis, hingga penutupan sementara tempat usaha.

Menurut Rahma, keberhasilan penerapan pola new normal ini, perlu peran aktif masyarakat untuk disiplin dan taat menjalankan protokol saat menjalani aktivitas secara normal di masa pandemi Covid-19 ini.

“Intinya, kita harus optimis, disiplin, serta bertanggungjawab, baik untuk diri sendiri, keluarga, maupun orang lain. Jadi, kita harus sinergi. Kita atasi ini bersama-sama. InsyAllah, masyarakat produktif dan aman dari virus Corona,” tegas Rahma.

Saat melakukan peninjauan, Rahma didampingi Sekretaris Daerah, Teguh Ahmad Syafari, Kepala Dinas Kesehatan, Rustam, Kepala Disdagin, Ahmad Yani, Kasatpol PP, Hantony, Kepala BPBD, Dedy Syufri Yusja, Kabag Prokopim, M. Tri Putranto, Sekcam Tanjungpinang Kota, Raja Hafizah, Lurah Tanjungpinang Kota, Said Muhammad Ilmin, serta tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 kota Tanjungpinang.

Editor : T.4z, Sumber : Diskominfo TPI

Iklan

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *