Kejari Bintan Laksanakan Pemusnahan BB Perkara Pidum Dan Pidsus Berkekuatan Hukum Tetap Periode Tahun 2020

Investigasi.co.id | Bintan – Pemusnahan Barang Bukti (BB) perkara Tindak Pidana Umum (Pidum) dan Tindak Pidana Khusus (Pidsus) pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Bintan yang telah berkekuatan hukum tetap periode tahun 2020. dilaksanakan di Sei Enam, Bintan Timur. Senin (22/06/2020).

Dalam Pemusnahan barang bukti kali ini, pelaksanaan sesuai putusan hakim Pengadilan Negeri Tanjungpinang, perkara tindak pidana umum dan tindak pidana khusus yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap dalam kurun waktu Januari 2020 sampai dengan Juni 2020.

Adapun jenis barang-barang (BB) yang akan dimusnahkan antara lain sebagai berikut : 

  1. Narkotika Jenis Shabu dengan jumlah perkara: 15 perkara, jumlah barang bukti pengembalian dari hasil labfor sebanyak : 374,72 gram; beserta alat instrument kejahatan narkotika.
  2. Narkotika Jenis Ganja dengan jumlah perkara: 3 perkara, jumlah barang bukti pengembalian dari hasil labfor sebanyak : 98,4 gram; beserta alat instrument kejahatan narkotika.
  3. Narkotika jenis Ekstasi dan/atau obat terlarang yang lainnya dengan jumlah perkara: 1 perkara, jumlah barang bukti pengembalian dari hasil labfor dengan berat 0,85 gram.
  4. Senjata tajam dengan jumlah perkara: 6 perkara, jumlah barang bukti: 6 buah.
  5. Minuman/ pangan yang tidak memiliki izin edar sejumlah: 16.421 botol; yang merupakan pengungkapan dari BPOM Propinsi Kepri.
  6. Barang bukti lainnya berupa: handphone dengan jumlah: 41 buah, laptop 1 buah, printer 1 buah.
  7. Beberapa helai pakaian dan barang bukti keras lainnya yang dijadikan alat kejahatan tindak pidana pencabulan, penganiayaan, dan pencurian.
  8. Baja ringan sejumlah: 5.260 pcs; pengungkapan dari BC Tanjungpinang; (pidana khusus).

Selanjutnya ketujuh barang bukti tersebut diatas akan dimusnahkan dengan (4) empat cara pemusnahan.

Yang pertama, untuk Narkotika jenis sabu dan ekstasi dimusnahkan dengan memasukkannya ke dalam air panas yang mendidih;

Kedua, untuk Narkotika jenis ganja dan alat instrument kejahatan narkotika, beberapa helai pakaian, serta barang bukti lunak lainnya dilakukan dengan cara dibakar;

Ketiga, untuk senjata tajam, alat elektronik, Handphone, baja ringan serta barang bukti keras lainnya dimusnahkan dengan cara dipotong dan dilindas dengan menggunakan alat berat sehingga tidak bisa dipergunakan kembali.

Dan yang keempat, untuk barang botol minuman/ pangan dilindas dengan menggunakan alat berat.

Editor :T.4z/Kasi Bb-Kejari Bintan

Iklan

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *