Wakil Bupati Lingga Lantik Anggota BPD Desa Resang

Investigasi.co.id | Lingga – Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Wakil Bupati M. Nizar lakukan kunjungan ke Kecamatan Singkep Selatan Desa Resang dalam agenda pelantikan anggota BPD Desa Resang. Selasa (23/6)

Sabarin selaku Camat Singkep Selatan mengucapkan rasa syukurnya, bahwa kegiatan pelantikan anggota BPD di Desa Resang ini dapat berjalan lancar dan baik.

“Memang pelantikan BPD ini sangat vital sekali, karena selain bekerjasama dengan kepala desa dalam proses pengesahan dan pembahasan APBDes, nantinya BPD juga sebagai pengontrol penampung aspirasi daripada masyarakat Desa Resang” ujar Camat Singkep Selatan, Sabarin.

Ditempat yang sama dalam sambutannya, M. Nizar mengucapkan selamat kepada BPD yang baru saja dilantik. Dia berharap siapapun nantinya yang terpilih sebagai ketua BPD dapat menjalankan tugas dengan baik sesuai dengan sumpah janji yang telah di ucap.

“Anggota BPD yang dilantik pada hari ini adalah merupakan wakil masyarakat yang dipilih mewakili masyarakat untuk duduk dalam Badan Permusyawaratan Desa guna menampung dan memenuhi aspirasi masyarakat” sebut Nizar.

Lebih lanjut, Nizar juga menyebutkan berdasarkan uu no 6 tahun 2014 tentang desa, bahwa fungsi BPD adalah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

“Dari tiga tugas ini sudah jelas BPD adalah lembaga yang memiliki kekuatan dalam menyepakati peraturan desa yang bakal menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan desa” jelas wakil Bupati Lingga ini.

Selain itu, katanya BPD juga memiliki kekuatan untuk menyampaikan aspirasi warga dan penyampaian aspirasi dilakukan melalui beberapa tahap kerja yakni BPD harus melakukan penggalian aspirasi masyarakat, menampung aspirasi masyarakat yang disampaikan ke BPD dan mengelola aspirasi masyarakat sebagai sebuah energi positif dalam merumuskan langkah kebijakan desa.

“Dengan keadaan kita seperti sekarang ini, saya sangat berharap BPD bersama kepala desa serta perangkat desa dapat saling bekerjasama dengan baik dengan saling support tanpa mencari kesalahan-kesalahan dan tetap mencari solusi dalam mengatasi permasalah yang ada di desa” tutur Nizar.

Di Penghujung sambutannya beliau menyampaikan bahwa BPD harus mampu bekerja sama dan membangun komunikasi harmonis dengan kepala desa, perangkat desa, sehingga program kegiatan desa dapat berjalan dengan baik yang ujungnya akan dapat memajukan desa. (SMI)

Sumber : Media Center Lingga


Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel ini telah dilihat : 32 kali.