RSKI Pulau Galang Masih Rawat 62 Pasien COVID-19

Investigasi.co.id | Jakarta – Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang masih merawat 62 pasien COVID-19 dan dua lainnya rujukan. Sedangkan total pasien, rumah sakit telah menangani 434 pasien hingga hari ini.

Mayoritas pasien yang dirawat di RSKI Pulau Galang merupakan penduduk Batam dan sekitarnya. Hal tersebut disampaikan Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu Mayjen TNI Irwansyah saat berdialog di Media Center Gugus Tugas Nasional, Jakarta, Jumat (17/7). Ia menambahkan, ada beberapa pasien warga negara asing yang berdomisili dan bekerja di wilayah Batam. 

Terkait dengan pengiriman pasien dari luar wilayah Batam, Irwansyah menyampaikan bahwa pihaknya mengajukan penambahan kebutuhan personel sebanyak 50 orang tenaga kesehatan kepada Kementerian Kesehatan. 

Menurutnya, RSKI Pulau Galang yang diresmikan pada 6 April 2020 oleh Presiden Joko Widodo memiliki fasilitas yang lengkap sehingga siap menerima pasien dari luar.

Ia menyampaikan, “RSKI Pulau Galang siap untuk menerima rujukan pasien dari manapun.”

“Kami juga akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Batam untuk memaksimalkan penggunaan Rumah Sakit Khusus Infeksi ini dalam merawat saudara-saudara kita yang terpapar COVID-19,” ujarnya. 

“RSKI Pulau Galang dibangun di atas areal seluas 80 hektar dan memiliki fasilitas seperti laboratorium, kamar jenazah, inisinerator, gedung screening, dapur, laundry, farmasi, helipad, power house dan asrama bagi para nakes,” ujar Irwansyah di Media Center Gugus Tugas Nasional. 

Di samping itu, rumah sakit ini juga dilengkapi dengan alat PCR dan dua alat bilik swab yang sudah terpasang dan sudah uji fungsi. Fasilitas tersebut sudah siap digunakan untuk pelayanan pasien. 

Di akhir dialog, Irwansyah berpesan kepada masyarakat untuk bekerja sama dalam memerangi COVID-19. Ia mengatakan, COVID-19 hanya dapat dicegah dengan kedisiplinan yang kuat dan semangat gotong royong dari kita semua.

“Saatnya kita mulai bersiap hidup dengna adaptasi kebiasaan baru. Kebiasaan yang lebih sehat dan disiplin dengan menjaga protokol kesehatan secara ketat. Agar, tetap produktif dan kita semua aman dari COVID-19” ucapnya.

Sumber : Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional

Iklan

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *