Peran TNI Bantu Penanganan Covid-19 dan Ciptakan Pemilukada Damai

Investigasi.co.id | Batam – Apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan pemilukada 2020 di gelar di Engkuputri Batam, Rabu (29/7/2020). Wali Kota Batam Muhammad Rudi dipercaya sebagai pemimpin apel.

Hadir dalam kegiatan ini Danrem 033/WP Brigjen TNI Harnoto, Kasi Ter Korem 033/WP Kol Inf Persada Bangun, Kasi Ren KOREM 033/WP, Kol Inf Dwi. Dandim 0316 Batam Letkol Inf Ahmad Daud Harahap.

Wakil Walikota Batam Amsakar Ahmad, Danlanal Batam Kol Laut (P) Alan Dahlan, Danyon Marinir 10/SBY Letkol Alim Firdaus, Danyon 136 RK 136/TS, Letkol Inf Hasbul H. Lubis. Dansat Pom AU Batam Kapten Pom Antonius, Wadan Sat Brimobda Kepri AKBP Ahmad Nurman Ismail SIK. Kepala BNN Batam AKBP Heriyanto serta FKPD, perwakilan FKPPI dan PPM Kota Batam.

Ia menyebutkan, pemilihan kepala daerah kali ini digelar masih dalam suasana pandemi Covid-19. Untuk diketahui, TNI selalu ikut mengedukasi masyarakat. Atas partisipasi TNI tersebut, ia menyampaikan terimakasih dan berharap terus dilakukan hingga pandemi berlalu.

“Pilkada akan digelar di tengah pandemi. Tentu protokol kesehatan merupakan hal penting yang harus diperhatikan,” kata Rudi.

Bukan tanpa alasan, pelaksanaan protokol kesehatan perlu ditingkatkan karena pemilu selalu identik dengan berkumpulnya masa. “Seperti contoh nanti di TPS. Saya minta izin Danrem, kita laksanakan kembali patroli terkait edukasi warga guna melaksanakan protokol kesehatan,” ucap dia.

Ia mengungkapkan, hingga kini kasus Covid-19 sebanyak 282 kasus. Dengan angka kesembuhan mencapai 252 orang, 12 meninggal dan kini masih dirawat 18 orang. Pasien yang kini dirawat berasal dari 7 kecamatan, dengan kata lain kecamatan-kecamatan ini masih berstatus zona kuning.

“Artinya 5 kecamatan sudah zona hijau yakni Belakangpadang, Bulang, Galang, Seibeduk dan Nongsa. Kecamatan lain masih kuning, artinya Covid ini belum selesai,” ujar dia.

Rudi mengatakan, karena Batam dekat dengan Singapura dan Malaysia, ekonominya selalu berkaitan dengan negara tersebut. Sementara satu sisi, jaminan bebas Covid-19 merupakan salah satu hal yang dapat memberi kepercayaan investor.

“Mudah-mudahan yang 18 tersisa sembuh dan tidak ada lagi tambahan, maka Batam akan jadi zona hijau Agustus ini. Setelahnya saya akan sampaikan bahwa Batam sudah aman, silahkan datang,” imbuh pria yang juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam ini.

Ia mengaku, baiknya penanganan Covid-19 di Batam juga tidak lepas dari peran dari aparat keamanan yang sudah sejak awal membantu pemerintah mengedukasi warga.

“Jasa TNI cukup besar, maka dari itu kami juga akan memperhatikan kebutuhan TNI di Batam,” katanya.

Tidak lupa Rudi menyampaikan pentingnya sikap netral TNI terkait Pemilukada Desember 2020 mendatang. Dalam hal ini, ia tidak pernah menyangsikan sikap yang telah lama ada dalam tubuh TNI tersebut.

“Mari bersikap netral dan wujudkan Batam yang aman dan kondusif,” harap dia.

Sumber : Media Center Batam

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel ini telah dilihat : 15 kali.