Peringati Muharram, Rudi-Marlin Ziarah ke Pulau Penyengat

Investigasi.co.id | Batam – Bulan Muharram merupakan bulan mulia. Banyak amalan yang apabila dilaksanakan di bulan Muharram akan Allah lipat gandakan pahalanya. Satu di antaranya adalah ziarah, baik ke orang saleh yang masih hidup maupun sudah wafat. Amalan inilah yang dilakukan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi bersama sang istri Marlin Agustina.

Pulau Penyengat merupakan pulau bersejarah. Secara administratif menjadi satu kelurahan di Kecamatan Tanjungpinang Kota. Masuk di wilayah Kota Tanjungpinang, ibukota Provinsi Kepulauan Riau.

Sarat cerita sejarah terkait Kesultanan Riau Lingga, Pulau Penyengat menjadi destinasi wisata sejarah dan religi. Orang datang umumnya untuk ziarah ke makam-makam zuriah Sultan Riau Lingga yang ada di pulau tersebut.

Begitu juga yang dilakukan Rudi dan Marlin bersama sejumlah tokoh agama. Usai salat magrib dan isya berjemaah di Masjid Raya Sultan Riau, mereka lanjutkan ziarah ke komplek makam keluarga besar Kesultanan Riau Lingga.

Di komplek yang terletak tak jauh dari Masjid Penyengat ini terdapat makam Engku Hamidah atau yang juga dikenal dengan nama Engku Puteri. Kemudian juga terdapat makam Raja Ali Haji, penggubah gurindam 12.

“Alhamdulillah kita dapat ziarah ke makam para pendahulu kita di sini. Nama-nama besar ini tak bisa ditinggalkan dari kemajuan Kepri dan Batam yang kita rasakan saat ini,” tutur Marlin.

Kegiatan ziarah diisi dengan zikir, selawat, dan doa. Ziarah ini dilaksanakan sebagai bentuk terima kasih atas jasa para pendahulu negeri.

Marlin mengatakan ziarah makam ini juga dilakukan dalam rangka memperingati tahun baru islam 1442 H. Karena seperti yang disampaikan penceramah di acara santunan anak yatim di Sei Beduk, apabila ziarah ke orang-orang saleh di bulan Muharram, Allah akan melipatgandakan pahalanya.

“Ziarah ini memang sudah kita rencanakan. Pas pula waktu acara di Sei Beduk, Habibnya menyampaikan ada 12 amalan yang akan Allah lipat gandakan pahalanya di bulan Muharram. Satu di antaranya adalah ziarah, baik ke orang yang masih hidup maupun orang-orang saleh yang sudah wafat. Dan Habib tadi juga mengatakan, yang beliau tahu untuk di Kepulauan Riau ini adalah di Penyengat. Jadi setelah Habib tadi berceramah, saya sampaikan juga rencana saya ziarah ke Penyengat hari ini. Alhamdulillah terlaksana,” papar Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam tersebut.

Momen kunjungan ke Penyengat ini juga dimanfaatkan Marlin untuk silaturahmi dengan warga sekitar. Di jeda waktu antara magrib dan isya, Marlin sempatkan mengobrol santai di pelataran masjid dengan sejumlah warga sesama jemaah masjid.

“Inilah juga manfaatnya kunjungan-kunjungan seperti ini, menyambung silaturahmi. Insya Allah negeri kita ini dirahmati Allah,” tuturnya.

Sumber : Media Center Batam

Editor : Edy

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel ini telah dilihat : 4 kali.