Rudi Tunaikan Janjinya Untuk Hafiz Cilik Batam, Muhammad Hazbi Assidiq

Investigasi.co.id | Batam – Medio 2019 lalu, Wali Kota Batam Muhammad Rudi tak mampu menahan haru saat bertemu Hafiz Cilik Batam, Muhammad Hazbi Assidiq. Setahun berlalu, untuk kedua kalinya kini mereka kembali bertemu, orang nomor satu Batam itu tengah menuntaskan janji. Apa itu?

Tim Media Center Batam, Batam Kota

Wali Kota Batam Muhammad Rudi tampak sumringah, Jumat (11/9/2020). Raut bangga dan bahagia tak bisa ia sembunyikan. Bagaimana tidak pada ‘Sayyidul ayyam’ atau tuannya semua hari tersebut, ia kedatangan tamu yang ia sebut tamu istimewa.

Adalah Muhammad Hasbi Assidiq. Kanak kelahiran Palembang, 24 September 2009 itu disebut tamu ‘Istimewa’ bukan tanpa alasan. Ia adalah Hafiz Cilik kebanggaan Batam yang pernah mengharumkan nama kota ini pada ajang Hafiz Indonesia 2019, lalu.

Walikota terlihat semangat mempersilahkan tamunya tersebut masuk ke ruangan kerjanya di Kantor Wali Kota Batam. Hasbi, demikian sapaan akrab sang hafiz, datang bersama ibundanya, Santini. Di ruang kerja walikota, mereka terlibat percakapan yang hangat, walikota berulang kali menasehati dan menyemangati Hasbi.

Tidak hanya Hasbi dan Umi-nya, sapaan yang berarti ibu dalam bahasa Arab. Dalam pertemuan tersebut juga ada pihak Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Batam, notaris dan hadir Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Batam, Riama Manurung.

Loh, kok ada bank dan notaris segala?

Usut punya usut, dalam pertemuan pertama Juni 2019 lalu, Rudi berjanji membantu menyelesaikan cicilan rumah sang hafiz di bilangan Taman Raya tahap V Batam Kota. “Saat itu, dengan kerendahan hati. Pak wali menyampaikan keinginannya melunasi rumah tempat tinggal Hasbi dan Umi-nya ke BTN dan mengurus sertifikatnya,” ucap Riama Manurung.

Keikutsertaan pihak BTN maupun notaris dalam rangka penyelesaian legalitas tersebut. Riama menyebutkan, sertifikat telah rampung. Di depan walikota, notaris menyerahkan sertifikat kepada Hasbi dan Santini.

“Pertemuan pertama 2019 lalu kan Hasbi baru hafal 20 juz, sekarang sudah 30 juz. Berkah Alqur’an semoga Allah SWT berikan juga untuk kita semua,” ucap Riama. Tampak mantan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdako Batam juga ikut bahagia.

Pada kesempatan tersebut, walikota dengan senang hati mempersilahkan Hasbi duduk di kursi kerjanya. Hasbi yang awalnya malu-malu akhirnya mencoba menjadi ‘walikota’. Tangannya terlihat sesekali melihat-lihat surat di atas meja walikota.

“Surat apa itu, coba dibaca,” tanya Rudi yang berdiri persis di belakang Hasbi. Walikota yangmenerima penghargaan Asia Global Awards 2019 categori Asia Best Mayor Of The Year 2019 ini tersenyum melihat Hasbi.

Rudi menyampaikan keinginan, selain menjadi Hafiz Qur’an, Hasbi juga harus menyelesaikan pendidikan formal. Untuk itu, walikota meminta Hasbi disekolahkan di SDN 06 Batam dekat rumahnya di Taman Raya tahap V.

Dalam kunjungan pertamanya, Juni 2019 lalu Hasbi datang bersama ibunda dan ustaz pendampingnya. Saat itu, Rudi terharu atas perjuangan dan semangat Hasbi bersama membawa nama baik untuk Kota Batam. Di sela-sela menyemangati Hasbi, Rudi tak mampu menahan air matanya.

“Di tangan anak-anak seperti Hasbi inilah masa depan Kota Batam dan bangsa ini ditentukan,” ujar Rudi kala itu.

Rudi menyampaikan pihaknya terus berusah mewujudkan Batam Madani dan juga modern. Untuk itu seiring pengembangan infrastruktur kota, Rudi juga tak luput memperhatikan pengembangan non fisik maupun keagamaan di Batam. Untuk masjid dam Musala, ia mengatakan sudah ada 1.000 masjid dan musala di Batam.

Namun, menurut dia, untuk menjadikan Batam sebagai kota yang madani tidak cukup hanya dengan bangunan fisik tempat ibadah saja.

“Masjid tidak akan sempurna jika belum ada yang memakmurkannya. Yang memakmurkan ya seluruh masyarakat. Dan salah satunya hafiz seperti Hasbi inilah yang akan menyempurnakannya,” ucapnya.

Sumber : Media Center Batam

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel ini telah dilihat : 37 kali.