Teguhkan Hati, Bersama Lawan Covid-19

Investigasi.co.id | Tanjungpinang – Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin memimpin Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19, Pemulihan Ekonomi dan Persiapan Pilkada melalui vicon bersama kabupaten dan kota dari Gedung Daerah, Tanjungpinang, Selasa (20/10) malam.

Membuka rapat, Dirjen Polpum Kemendagri ini mengajak semua jajaran di seluruh Kepulauan Riau untuk meneguhkan hati bahwa saat ini masih dalam kondisi pandemi, untuk itu semua hal harus berjalan saat ini harus berorientasi dalam menangani pandemi.

“Semua kekuatan yang kita miliki, kapasitas dan kemampuan harus kita orientasikan untuk menangani pandemi,” tegas Bahtiar.

Dilanjutkan Bahtiar, melawan Covid-19 tersebut punya tiga tahapan yakni pencegahan, penanganan dan penegakan hukum. Ketiganya punya protokol kesehatan. Maka ketiganya harus terukur dan terpadu.

“Semua berperan penting baik pemerintah dan stakeholder maupun dari masyarakat itu sendiri,” lanjutnya.

Bahtiar juga mengatakan dalam mengurus setiap persoalan di daerah bahkan negara sekalipun tidak akan bisa selesai jika di kerjakan sendiri, untuk itu dirinya meminta kabupaten dan kota se-Kepri untuk menyamakan persepsi dan arah dalam bekerja.

“Mengurus daerah merupakan pekerjaan besar bersama, dengan bahu-membahu dan saling koordinasi, setiap tujuan yang ingin di capai pasti dapat hasil yang memuaskan,” tambah Bahtiar.

Pemulihan ekonomi pun menjadi salah satu ritme yang sejalan dengan penanganan Covid-19, menurut Bahtiar diam diri saja bertahan tanpa ada gebrakan-gebrakan yang signifikan akan semakin memperpuruk perekonomian yang bergejolak karena pandemi bahkan hampir di setiap sektor dan lini.

Rencana pembukaan kembali akses dari mancanegara menjadi salah satu opsi, bukan hanya sektor pebisnis dan delegasi pemerintahan juga wisatawan mancanegara.

“Selain itu program padat karya pun diharapkan masuk dalam formulasi APBD tahun depan, ini juga salah satu upaya untuk tetap mempertahankan perekonomian dan menekan pengangguran,” tambahnya lagi.

Apresiasi dan ucapan terimakasih pun Bahtiar sampaikan kepada seluruh jajaran baik Tim Satgas Penanganan Covid maupun Tim Pemulihan Ekonomi berkat progres, pola kerja, manajemen dan semangat semua dalam bekerja mencari cara-cara baru dalam menangani setiap persoalan.

Terakhir, Provinsi Kepri yang menjadi salah satu kontestan penyelenggaraan Pilkada serentak 2020, pekerjaan besar ini menjadi fokus untuk terlaksana dengan sukses tanpa menimbulkan klaster penyerbaran baru.

Pilkada pun diharapkan Bahtiar dapat menjadi momen dalam penanganan Covid-19, masyarakat harus merasakan bahwa pilkada memberikan manfaat dalam penanganan covid, seperti pembagian masker dan handsanitizer serta program kerja yang di gagas paslon difokuskan untuk penanganan Covid-19.

“Intinya, Pilkada sukses terlaksana, peningkatan ekonomi bergerak dan penanganan covid berjalan lancar dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” pungkasnya.

Senada dengan Pjs. Gubernur, Sekdaprov TS Arif Fadillah berharap Kepri sebagai kontestan pilkada serentak dapat melangsungkan pesta demokrasi tersebut dengan sehat, baik dalam arti tahapan pelaksanaan maupun masyarakatnya.

Terkait rencana membuka kembali kran pariwisata di Kepri, Pemprov kata Arif juga direncanakan segera membeli alat PCR sebagai pelengkap fasilitas kesehatan yang ada di pintu-pintu masuk yang akan di siapkan.

“Ini salah satu upaya kita untuk mendukung pemulihan kembali perekonomian Kepri agar kembali melaju seperti sedia kala, tentu dengan memperhatikan hal-hal penting seperti protokol kesehatan dan fasilitas pendukung lainnya,” kata Arif.

Hadir mendampingi Pjs. Gubernur, Plh Asisten Pemerintahan Sardison, Kaban Kesbangpol Lamidi, Kadis Kesehatan Muh. Bisri, Kadis Perhubungan Junaidi, Perwakilan KPU, Tim Satgas Penanganan Covid19 dan Tim Pemulihan Ekonomi.

Sumber : Humas Kepri

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel ini telah dilihat : 15 kali.