Pemda Natuna Gelar Rakor Desk Pilkada Tahun 2020

Investigasi.co.id | Natuna – Untuk mendukung pelaksanaan Pilkada Kabupaten Natuna Tahun 2020, Pemda Natuna menggelar Rakor Desk Pilkada Kabupaten Natuna Tahun 2020, di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna. Jum’at, 06/11/2020. Rakor tersebut juga bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh kesiapan Pemda terkait Pilkada 2020 serta tugas yang perlu dilakukan, terutama mengenai Desk Pilkada yang perlu dilakukan oleh pemerintah, baik Provinsi atau kota/Kabupaten.

Diketahui bahwa dasar hukum mengenai desk Pilkada 2020 ini diatur dalam Permendagri Nomor 09/2005 tentang Pedoman Bagi Pemerintah Daerah dalam Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah serta Surat Edaran Nomor 273/487/SJ tentang Penegasan dan Penjelasan Terkait Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 yang ditetapkan pada 21 Januari 2020.

Sebagaimana disampaikan oleh Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal saat memimpin rapat bahwa tugas Deks Pilkada yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah adalah yang pertama, melakukan pemantauan pelaksanaan Pilkada. Kedua, menginventarisasi dan mengantisipasi permasalahan berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada. Ketiga, memberikan saran ketika ada permasalahan pelaksanaan Pilkada. Keempat, melaporkan informasi mengenai permasalahan dan perkembangan persiapan pelaksanaan Pilkada secara rutin setiap hari.

Selain itu, Ia juga mengingatkan kepada para camat untuk mengingatkan seluruh masyarakat terkait antisipasi covid-19 . Karena menurutnya, yang terpenting saat ini adalah pilkada lancar, covid terhindar.

“Bagaimana tugas kita meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menentukan hak pilihnya. Dalam keadaan pandemi covid-19 ini bagaimana pilkada berjalan lancar dan kita semua aman” tutur Bupati Natuna.

“Pilkada berjalan, Covid terhindar.
Kecamatan gausah bosan-bosan ingatkan masyarakatnya jangan lalai. Semoga pilkada aman damai dan terhindar dari Covid-19” pungkas nya.

Selain itu, Kapolres Natuna Ike Krinadian selaku ketua bagian keamanan juga mengingatkan masyarakat terkait pandemi covid-19 yang melanda Natuna.

“Yang kita sadari bahwa saat ini Kabuaten Natuna sudah semakin mengkhawatirkan. Beberapa hari lalu sudah dirilis ada yang terpapar covid. Ini merupakan perhatian penuh untuk kita semua untuk menambah kewaspadaan. Kami juga TNI POLRI tidak bosan melaksanakan yurtisi yang maksud tujuannya meningkatkan kita semua terkait covid-19” ucap nya. (Diskominfo/Fera)

Sumber : Kominfo Natuna

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel ini telah dilihat : 10 kali.