Bahtiar Dukung Investasi Berkembang di Kepri

Investigasi.co.id | Bintan – Pjs. Gubernur Kepulauan Riau Bahtiar mengajak seluruh komponen untuk menjaga iklim investasi yang telah masuk. Semua harus terus mendukung agar investasi ini terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi perkembangan perekonomian.

“Di tengah kondisi pandemi covid ini ada industri yang masih bertahan saja sudah kita bersyukur apalagi industri ini sepertinya akan lebih berkembang menjadi lebih besar lagi. Sudah seharusnya, kita dari Pemerintah daerah dan semua unsur masyarakat mendukung ini,” Ungkap Bahtiar sesaat setelah meninjau PT. Industri Segantang Lada Indonesia, Galang Batang, Kabupaten Bintan, Kamis (12/11) petang.

Bahtiar pada kesempatan ini menyampaikan kekagumannya pada Industri manufaktur PT. Industri Segantang Lada Indonesia yang memproduksi meja, kursi, lemari, kitchen set dan perlengkapan rumah tangga. Semua produksi itu diperuntukan untuk pasar luar negeri yaitu Amerika serikat.

“Luar biasa perusahaan ini, dimana dapat mengubah bahan murah berupa kayu triplek menjadi barang perlengkapan rumah tangga dengan kualitas ekpor. Ini harus kita dukung agar dapat terus berkembang sehingga dapat menyerap lebih banyak lagi tenaga kerja lokal dan mengurangi angka pengangguran,” jelasnya.

Saat ini menurut Bahtiar, Indonesia dalam era persaingan yang sangat ketat dengan negara lain. Jika para investor yang ingin menanamkan investasinya dipersulit bahkan perizinan membutuhkan waktu yang sangat lama dan birokrasi yang berbelit-belit maka akan mengurangi daya tarik, sehingga investor akan beralih ke Negara lain yang memberikan kemudahan dan insentif dalam berusaha.

“Saat ini kemudahan dan kenyamanan berinvestasi mutlak harus diberikan. Bagi pejabat-pejabat yang ketahuan berlaku koruptif dan menghambat masuknya investasi akan ditindak dan berhadapan secara langsung dengan hukum,” jelasnya.

Pada kesempatan ini Dirjen Polpum Kemendagri ini juga menyampaikan data terakhir yang diterimanya bahwa pertumbuhan ekonomi di Kepulauan Riau telah berjalan menuju trek yang benar walaupun masih minus namun trendnya semakin menurun bahkan menuju ke positif.

“Jika sebelumnya pertumbuhan kita minus 6,6%, Alhamdulillah pada triwulan ketiga ini di Kepulauan Riau itu sudah bergerak ke arah yang lebih positif dan minus nya tinggal 5,81%. Mudah-mudahan pada semester 4 nanti pertumbuhannya 1% dan pada tahun 2021 pertumbuhan ekonomi kita bisa bergerak naik kembali,” harapnya.

Bahtiar menekankan agar ekonomi daerah ini terus bergerak positif. Salah satunya adalah industri harus didukung untuk bergerak dan jangan sampai berhenti, jangan sampai pengusaha perusahaan berhenti total prinsipnya industri tetap produktif dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Setelah peninjauan, Bahtiar juga berkesempatan melihat langsung proses pengiriman 26 kontainer Barang Produksi PT. Segantang Lada yang akan diekspor langsung ke Amerika di pelabuhan Peti kemas Kijang. Menurutnya, ini seharusnya menjadi motivasi bagi pelaku ekonomi lainnya bahwa Covid-19 sebenarnya bukan penghalang untuk tetap produktif dan berkembang.

“Covid memang mematikan manusia, tapi kalau ekonomi yang mati maka akan mematikan kehidupan. Oleh karena itu di tengah pandemi saya harap tetaplah produktif namun tetap adaptif memperhatikan protokol kesehatan,” jelasnya

Di tempat itu juga, beliau minta Bupati dan Pemerintah Kabupaten, juga dari Pelindo untuk bantu yang sedang berusaha ini agar perekonomian pelan-pelan membaik

Turut mendampingi pada peninjauan ini Pjs. Bupati Bintan Buralimar, kepala Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bintan, Hasfarizal Handra serta CEO PT. Industri Segantang Lada Indonesia Edi Jaafar.

Sumber : Humas Kepri

Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel ini telah dilihat : 16 kali.